Rabu, 05 Februari 2014

PENGENALAN CALEG VIA INTERNET

Komunikasi via internet, baik facebook, twitter, email, blog maupun youtube dan lainnya, pada saat ini sudah bisa dikatakan memasyarakat, baik untuk kepentingan cari teman, cari hiburan, cari ilmu, cari wawasan pengetahuan, cari berita, cari lowongan kerja maupun cari informasi lain yang dibutuhkannya.  Bahkan internet juga sudah banyak digunakan untuk bisnis on-line yang sangat mudah dan praktis.

Pengenalan Caleg kepada masyarakat sangat penting, tujuannya adalah supaya pada saat pemilu nanti (pemungutan suara) masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, memilih caleg yang dianggap paling baik menurut penilaiannya. Supaya masyarakat dapat memilih dengan benar, perlu membandingkan antara caleg yang satu dengan caleg lainnya.

Pengenalan Caleg via internet jauh lebih efektif dibandingkan kampanye phisik yang lazim dilakukan selama ini. Terlebih bila Caleg itu tingkat Provinsi yang meliputi beberapa Kabupaten, atau Caleg tingkat Pusat yang meliputi beberapa Propinsi, manfaat dan pebedaannya semakin jauh terasa.

Pada kampanye caleg bisa terjadi bentrokan, sehingga perlu diatur jadwal waktunya supaya dapat berjalan lebih aman. Rute kendaraan iring-iringan pawai perlu diatur supaya tidak mengganggu lalu lintas umum. Pemasangan bendera, tanda gambar, spanduk dan baleho perlu diatur supaya tidak mengganggu keindahan kota.

Pada pengenalan caleg via internet semua hanya tampil di layar monitor, warga masyarakat dapat mengenal lebih detail semua caleg yang ada di internet, sehingga dapat memilih dengan lebih sehat.  Disebut memilih, karena sebelum mencoblos sudah membandingkan dulu dengan Caleg yang lainnya…

Kampanye Caleg yang dihadiri ribuan massa, biasanya dilaksanakan dalam waktu yang sangat terbatas. Setelah menyampaikan pesan-pesan dari Caleg, biasanya dilanjutkan panggung hiburan dan masih diselingi pesan-pesan dari Caleg juga. Masukan pendapat dari massa pengunjung sebagai masukan aspirasi masyarakat relatif sangat minim bahkan sering tidak diagendakan oleh kebanyakan Caleg.

Pada pengenalan Caleg via internet, yang bertemu bukan phisik orangnya, tetapi pesan pikiran dan perasaannya yang dituangkan dalam tulisan, gambar atau video. Kesemuanya dapat dinikmati secara cantai dan khidmad oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja… Warga masyarakat yang punya komentar, usulan dan saran dapat mengirimkan kepada Caleg baik berupa tulisan, gambar maupun video melalui email yang disediakan oleh Caleg, atau langsung berkombentar di blog-nya Caleg yang bersangkutan.
Masukan dari warga masyarakat ini bisa dikumpulkan, bisa dicetak dan bisa dibukukan sebagai koleksi aspirasi masyarakat, sebagai bekal yang akan disampaikan dalam sidang bila nantinya betul-betul sukses bisa terpilih menjadi legislatif beneran…

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah anggaran biayanya… Anggaran Biaya Pengenalan Caleg via internet jauh lebih hemat dibandingkan Anggaran Biaya Kampanye Caleg yang lazim dilakukan…
Rasanya kurang etis bila tulisan ini terlalu panjang, singkat cerita, Blog ini adalah MEDIA KOMUNIKASI antara Caleg dengan warga masarakatnya, khususnya yang berada di kawasan Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara.

Kepada warga masyarakat yang ingin menyampaikan ide, gagasan dan usulan lain, silakan dikemas dalam bentuk tulisan, foto maupun video, dikirim ke alamat email:
Sitialfiahanggriani9@gmail.com

Masukan dari Anda akan dimuat pada entri tersendiri dari blog ini, dan akan dicetak serta dibukukan sebagai koleksi aspirasi masyarakat yang merupakan tambahan bekal bagi saya seandainya betul-betul terpilih menjadi Legislatif di tingkat Propinsi Jawa Tengah.
Terimakasih atas tanggapan positif dari semua pihak.

10 komentar:

  1. Kalo semua Caleg bisa kenalan seperti ini, masyarakat dapat memilih Caleg yang berkualitas dan insya Alloh Negara semakin dapat maju masa datang...
    Ok, saya dari Purbalingga mendukung seribu prosen buat Ibu... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyarakat pemilih sudah menunggu pengenalan Caleg di jalur internet... tinggal Caleg-nya mau hadir di internet atau nggak... Terimakasih banyak atas dukungan seribu persen dari ibu... semoga Purbalingga semakin maju...

      Hapus
  2. Selalu mendoakan mudah2an Ibu Dra Hj SITI ANGGRIANI, MM dapat sukses menjadi Legislatif Prov Jateng yang didukung rekan2 Komunitas Blogger dari Kebumen, Purbalingga dan Banjarnegara... Amien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kepada Sruweng Intan bersama rekan-rekan dari komunitas blogger di Kebumen, Purbalingga dan Banjarnegara... Jangan lupa ya nanti 9 April tetap memilih yang sama-sama blogger juga... makasih dukungannya.

      Hapus
  3. Aq ada aspirasi bagus... pa bisa dimuat di blog ini?
    Aq ada di Banjarnegara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dikirim ke email SITIALFIAHANGGRIANI9@GMAIL.COM kalau isinya bagus bisa ikut dimuat sebagai salah satu entry dari blog ini.
      Terimakasih atas tanggapan positifnya...

      Hapus
  4. Korupsi ada di-mana2... gimana cara ngebrantas korupsi menurut ibu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya cukup panjang, karena itu dibuatkan entry spesial untuk menjawab komentar ini. Silakan dibuka PENANGGULANGAN kORUPSI pada blog ini, makasih respons positifnya.

      Hapus
  5. kanca, batir, dulur sing nang purbalingga ndukung pisan pokoke...
    setuju banget anane caleg bisa internetan, dadi bisa komunikasi karo rakyate...
    bisa nampung aspirasine rakyat sing diwakili... kaya kue ndeyan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Leres pa Kyai... internet sampun merakyat, wonten dusun2 sampun katah warnet... paling praktis efisien rakyat menyuarakan aspirasinipun lewat internet...
      Langkung terbuka blak2-an, mugi2 sedaya wakil rakyat ing sakmangke saged PUNYA SALURAN internet sing saged komunikasi langsung tur terbuka kaliyan rakyat...
      Maturnuwun komentaripun.

      Hapus